Cashflow Kuadran

Menurut Robert T. Kiyosaki dalam bukunya The Cashflow Kuadran, orang didunia memperoleh uang dari 4 (empat) kuadran disamping ini:

Employee : orang memperoleh uang dengan bekerja pada perusahaan, misalnya karyawan/karyawati pabrik, PNS, TNI.

Selft Employee : orang yang bekerja mendapatkan uang dengan bekerja secara mandiri, berdiri sendiri. Kelompok profesional seperti pengacara, dokter, artis masuk dalam kelompok ini. Membuka usaha sendiri, seperti bengkel, toko, warung adalah juga termasuk dalam kelompok ini.

Business Owner : pemilik perusahaan, atau pemilik suatu usaha.

Investor : penanam modal.

Ada beberapa orang bahkan memperoleh uang dari lebih dari 1 (satu) kuadran. Setiap kuadran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tetapi yang paling mencolok perbedaannya adalah sifat dari perolehan uangnya.

Kuadran E dan S sering disebut sebagai Pasif Income, artinya untuk mendapatkan uang dari kuadran ini orang harus bekerja, dan bila tidak bekerja maka pendapatanpun akan berhenti.

Kuadran B dan I disebut Aktif Income, artinya untuk mendapatkan uang pada kuadran ini orang pada awalnya bekerja membangun sistem, kemudian sistem ini akan bekerja secara otomatis menghasilkan uang untuk orang tersebut. Sistem ini berjalan karena mempergunakan kuadran E dan S untuk melakukannya.

Kira-kira kalau disuruh pilih, anda pilih yang mana? tentu akan memilih kuadran B atau I. Tetapi pertanyaannya adalah bagaimana memasuki kuadran B dan I?

Sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan, mendidik orang untuk berada di kuadran E dan S. Aku sendiri tidak tahu mengapa hal ini bisa terjadi? dari buku The CashFlow Kuadran, perpindahan dari kuadran E / S ke B / I memerlukan satu proses yang tidak mudah dan bahkan mungkin sangat menyakitkan.

Dan hanya beberapa orang saja yang mau melaksanakan. Banyak orang mencoba untuk berada di kuadran B / I, tetapi mereka menyerah ditengah jalan, karena memang hal itu tak mudah. Wah bagaimana dengan aku?

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar atau sarannya.

Makasih ya udah komentar | Kembali ke atas