LinkSys WVC54GCA: Kamera Kompak dengan Dukungan Koneksi Nirkabel


Meskipun varian produk kamera pengintai yang dimiliki LinkSys masih belum banyak, namun perusahaan divisi dari Cisco ini mampu membuat kamera pengintai yang baik dengan cara penggunaan cukup mudah.


Secara fisik, tampilan kamera LinkSys WVC54GCA terbilang cukup mungil. Bentuknya bulat dengan bahan plastik berwarna hitam. Pergerakan kamera ini masih dengan cara manual. Meskipun harus digerakkan secara manual, pengaturan posisi kamera ini terasa cukup fleksibel dengan sistem ballheadpada dudukannya sehingga dapat digerakkan dengan mudah. Selain itu, pada badan kamera terdapat dua lubang untuk memasangkan dudukan sehingga kamera ini dapat diposisikan berdiri atau menempel pada dinding.


Selain menggunakan kabel LAN untuk koneksinya, LinkSys WVC54GCA juga memberikan pilihan koneksi nirkabel yang mendukung koneksi tipe IEEE 802.11g. Hal yang menarik, meskipun kamera ini mendukung koneksi nirkabel, antenanya tersembunyi sehingga tidak terlihat dari luar.


Memasang kamera ini tidaklah sulit. Cukup pasang kamera ini dengan dudukan yang tersedia, lalu hubungkan dengan adaptor yang telah disertakan. Selanjutnya, hubungkan kabel LAN ke kamera dan jaringan Anda. Dalam paket penjualannya, LinkSys WVC54GCA telah menyertakan CD yang berisi program untuk melakukan konfigurasi awal. Program ini akan mendeteksi kamera Anda dan mengatur alamat IP kamera ini secara otomatis.


Setelah kamera dikenali, Anda akan dapat melakukan pengaturan lebih lanjut lewat aplikasi tersebut. Namun jika Anda ingin pengaturan yang lebih lengkap lagi, Anda dapat melakukan konfigurasi melalui panel kontrol. Feature ini dapat diakses melalui browser web dengan cara memasukkan alamat IP kamera.


Pada layar awal, Anda akan disuguhi tampilan yang cukup sederhana dengan beberapa pilihan menu. Akseslah menu yang ada untuk melakukan pengaturan terhadap jaringan, pengaturan gambar, dan keamanan. LinkSys WVC54GCA mampu merekam gambar dengan resolusi maksimum pada ukuran 640 x 480 piksel (VGA). Selain itu, Anda bisa menggunakan resolusi yang lebih kecil seperti 320 x 240 piksel atau 160 x 120 piksel. Anda juga dapat memilih dua pilihan codec untuk perekamannya, yaitu MPEG4 atau Motion JPEG (MJPEG). Hasil video tersebut akan direkam dengan format ASF.


Selain resolusi video yang dapat dipilih, Anda juga dapat melakukan pengaturan pada frame-rate dan bit-rate yang digunakan. Kamera ini dapat menampilkan video dengan frame-rate maksimum hingga 30 frame per detik. Bit-rate maksimum yang dapat dipilih adalah 1,5 megabit per detik.


Kamera ini juga memiliki pilihan konfigurasi video yang cukup lengkap, namun tidak untuk urusan suaranya. Kamera ini tidak memiliki mikropon yang terintegrasi. Begitu juga dengan konektor audio eksternal yang absen pada kamera ini sehingga kamera ini hanya mampu merekam video tanpa dapat merekam suara.


Kemampuan koneksi nirkabel kamera ini juga terbilang cukup baik. Dengan Wi-Fi, kami dapat terhubung dan mengakses kamera ini dengan mudah. Gambarnya juga tampil cukup lancar meskipun kadang tersendat. Untuk kualitas videonya, LinkSys WVC54GCA mampu memberikan kualitas gambar yang cukup bagus. Anda dapat mengatur besaran file hasil rekaman kamera ini dengan mengatur resolusi dan bit-rate sesuai dengan kebutuhan.


Kemampuan rekam kamera ini pada kondisi normal cukup baik. Namun sayangnya, kamera yang menggunakan sensor CMOS ini tidak bekerja dengan baik pada kondisi cahaya minim. Hal ini disebabkan karena kamera ini tidak memiliki lampu tambahan untuk membantu perekaman dalam kondisi cahaya minim atau pun modus perekaman cahaya minim. Solusinya, Anda dapat menggunakan lampu tambahan.


***


WVC54GCA adalah kamera yang memiliki serta mudah digunakan. Kualitas video yang dihasilkan juga sudah cukup baik meskipun tanpa suara. Featuresekuriti yang disediakan juga memadai untuk memenuhi kebutuhan keamanan. Hal yang menjadi nilai tambah adalah kemampuan koneksi nirkabelnya. Featureini dapat membebaskan Anda dari kerepotan mengatur kabel. (Steven Irwandi - Kontributor).


Link terkait : Infokomputer.com


Spesifikasi LinkSys WVC54GCA

Sensor:

CMOS

Resolusi:

160x120, 320x240, 640x480

Modus Exposure:

Otomatis

Modus White Balance:

Otomatis

Audio:

Tidak

Video:

MPE4 @ maksimal 30fps


Motion JPEG (MJPEG)

Koneksi:

LAN 10/100Mbps, Wireless IEEE 802.11g

Dimensi:

90 x 120 37 mm

Bobot:

130g

Garansi:

1 tahun

Situs Web:

www.linksysbycisco.com

Harga Kisaran:

US$



Kontak: Gita Computer, Telepon (021) 6230-1904


Plus : Mendukung MPEG4; koneksi wireless; bentuk ringkas

Minus: anpa mikrofon;kemampuan rekam pada situasi cahaya minim buruk


Skor Penilaian

Penggunaan

4

Kinerja

3.75

Fasilitas

3.75

Harga


Skor Total


0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar atau sarannya.

Makasih ya udah komentar | Kembali ke atas